5 Fakta Tentang Penyakit Miom

5 Fakta Yang Harus Wanita Ketahui Tentang Penyakit Miom
Memang banyak wanita yang sering mengabaikan kesehatan organ kewanitaan mereka. Sehingga tak jarang banyak wanita yang tidak menyadari bahwa organ mereka telah terserang penyakit seperti miom ini. Bagi anda para wanita tentu sangat diperlukan untuk mengetahui beberapa fakta tentang miom yang perlu anda ketahui di bawah ini:

  1. Miom Bukan Kista
    Banyak wanita yang menganggap bahwa miom sama seperti dengan kista sehingga mereka begitu khawatir bila divonis miom serta dan menganggap bahwa hal tersebut akan menghalanginya untuk hamil. Padahal sebenarnya keduanya sangat berbeda. Miom banyak berkembang pada daerah rahim sedangkan kista berada pada daerah indung telur dengan bentuk gumpalan yang terdapat cairan atau abses di dalamnya.
  2. Miom Merupakan Penyakit Umum
    Penyakit umum dalam hal ini adalah penyakit yang telah banyak dialami oleh para wanita. salah satu penelitian juga mengungkapkan bahwa 70-80 % wanita banyakdi atas usia 50 tahun mengalami miom atau tumor fibroid ini. Banyak wanita bahkan terkena miom di usia 40 tahunan.
  3. Miom Dapat Menyusut Sendiri Tanpa Obat
    Miom telah berkembang sejak wanita memasuki masa reproduksi hingga menopause atau masa telah berhenti fungsi reproduksi wanita. Pada masa menopause tersebutlah miom akan menyusut dengan sendiri karena produksi hormon estrogen telah berkurang. Namun juga miom terkadang diperlukan tindakan pengobatan agar tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan yang bisa anda dapatkan dengan konsumsi obat miom tradisional.
  4. Penderita Miom Dapat Hamil
    Cenderung penderita miom sangat mengkhawatirkan mengenai kesehatan organ reproduksinya khususnya kemampuannya untuk hamil. Memang miom banyak berkembang di daerah rahim namun hal ini tidak akan menurunkan kemampuan fertilitas atau kesuburan wanita asalkan letaknya tidak menghalangi tuba falopi yaitu saluran tempat bertemunya sel sperma dan sel telur.
  5. Miom Beresiko Menyebabkan Keguguran
    Gumpalan miom yang banyak bersarang pada rahim sangat beresiko menghalangi aliran nutrisi pada janin dan karena hal tersebutlah miom dapat menyebab keguguran. Belum lagi bila gumpalan miom yang telah membesar juga dapat menghalangi gerak pertumbuhan janin dalam kandungan sehingga dapat memicu kelainan letak janin dalam rahim.
    Itulah beberapa fakta mengenai miom yang perlu anda ketahui. Fungsi reproduksi berjalan dengan normal tergantung pola hidup yang anda terapkan. Untuk itu terapkanlah pola hidup sehat agar terhindar penyakit penyakit yang dapat menyerang organ tubuh termasuk organ reproduksi seperti miom.

Source : bbc.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *