Khasiat Jinten Hitam Untuk Kesehatan

Ada berapa banyak khasiat jinten hitam yang anda ketahui? Sejak zaman dahulu kala, jinten hitam telah diyakini memiliki khasiat yang luar biasa untuk tubhu. Herbal yang juga dikenal dengan nama Habbatussauda ini telah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.  Lebih dari 2000 tahun, negara bagian timur tengah menggunakan jinten hitam sebagai media pengobatan. Dalam bidang akademis, jinten hitam sudah diteliti dan membenarkan khasiat jinten hitam yang hebat. Tidak heran jika banyak orang yang memutuskan untuk menggunakan pengobatan jinten hitam. Selain lebih alami, khasiat yang didapatkan tidak perlu diragukan lagi. Jika anda merasa penasaran, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari jinten hitam.

Manfaat Jinten Hitam si Herbal Alami

Jinten hitam memiliki kemampuan untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel T sebagai pembunuh alami. Para peneliti telah membuktikan bahwa ekstrak jinten hitam digunakan sebagai bioregulator. Hal ini mengartikan bahwa jinten hitam dapat melawan penyakit yang menyerang sistem imunitas tubuh, misalnya seperti kanker. Jinten hitam juga memiliki kandungan saponin. Kandungan zat yang satu ini berpengaruh kepada salah satu khasiat jinten hitam yaitu untuk membersihkan racun dalam tubuh. Racun yang menganggu organ vital dalam tubuh kita, seperti hati dan paru-paru, dapat mengakibatkan kinerja organ tersebut. Gangguan pernapasan maupun gejala diare yang disebabkan oleh racun pun dapat dikurangi.

Tentunya masih ada lagi khasiat jinten hitam yang bisa anda dapatkan. Kandungan Omega 6 serta Omega 3 yang ada pada jinten hitam dapat membantu memberikan nutrisi yang baik dalam meningkatkan kecerdasan otak, sekaligus membantu melancarkan peredaran darah ke otak. Penelitian pun telah menunjukkan bahwa dua gram jinten hitam sehari dapat mengurangi glukosa yang dihasilkan tubuh, penurunan resistensi insulin, peningkatan fungsi sel-beta, sekaligus mengurangi hemoglobin glikosilasi (HbA1c) pada subyek manusia. Maka bisa disimpulkan bahwa jinten hitam bisa digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes.

Kandungan Omega 6 serta Omega 3 yang ada pada jinten hitam juga membantu memberikan nutrisi yang baik untuk meningkatkan kecerdasan otak dan juga membantu melancarkan peredaran darah ke otak. Selain itu, mengonsumsi 100-200 mg ekstrak biji jintan hitam selama dua kali sehari dalam dua bulan dapat menurunkan tekanan darah pada pasien yang mengidap hipertensi ringan. Tidak hanya sampai disitu saja, biji jinten hitam juga dikenal memiliki sifat anticonvulsive. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2007 dengan subjek anak-anak yang mengalami epilepsi, yang kondisinya refrakter terhadap terapi obat konvensional, menghasilkan penemuan yang sangat mengejutkan yakni ekstrak air jintan hitam ternyata dapat mengurangi aktivitas kejang. Tetapi ada beberapa resiko dari penggunaan biji jinten hitam. Salah satunya yaitu meningkatkan risiko untuk perdarahan. Maka dari itu anda harus bijaksana dalam pemakaian untuk mendapatkan khasiat jinten hitam.

Source : www.medicalnewstoday.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *