Kurma Dapat Atasi Anemia

Pernahkah Anda merasakan gejala kelelahan, sesak berburu, sering sakit kepala, insomnia dan wajah pucat? Mungkin Anda mengalami anemia. Anemia adalah suatu kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Oleh karena itu, penderita anemia terlihat pucat dan mudah lelah.

Kurma Dapat Atasi Anemia

Anemia dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti pendarahan, haid, kehamilan, kekurangan zat besi, dan gangguan sistem tubuh. Anemia karena kekurangan zat besi dapat dihindari dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi, salah satunya adalah kurma yang akan dibahas dalam artikel ini.

Kurma adalah sebuah jenis tanaman sawit yang ditemukan di Timur Tengah. Karena buah kurma pertama dikenal sebagai bahan eksklusif dari orang orang Indonesia yang menunaikan ibadah haji. Kurma memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. 100 gram kurma memiliki lebih banyak kalori sekitar 900-1100 kJ tergantung pada jenis dan tempat penanamannya.

Menambahkan Energi dan Sel Darah Merah

Penderita anemia sering merasa lelah dan kurang bertenaga. Hal ini disebabkan kurangnya sel darah merah sehingga nutrisi yang diserap oleh tubuh tidak dapat didistribusikan secara optimal. Cobalah untuk konsumsi lima buah kurma agar menghasilkan energi dalam tubuh.

Mengandung Zat Besi Tinggi Untuk Pembentukan Sel Darah Merah

Penyebab anemia salah satunya adalah karena kekurangan zat besi. Besi adalah zat utama dalam pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Hemoglobin dapat mengikat dengan oksigen dan nutrisi untuk diedarkan di dalam tubuh. Konsumsi kurma sebanyak 3-5 butir dalam sehari dapat membantu tubuh memenuhi asupan zat besi sehingga sel sel darah merah dapat diproduksi.

Mencegah Terjadinya Anemia Pada Wanita Hamil

Wanita hamil dan menyusui cenderung mengalami gejala anemia. Wajar saja, karena nutrisi yang diserap oleh tubuh juga digunakan untuk perkembangan janin. Kurma membantu mencegah anemia pada ibu hamil dengan menyediakan energi yang tinggi dan merangsang produksi sel-sel darah merah dalam tubuh ibu hamil. Akibatnya, tubuh ibu tidak akan kekurangan gizi juga.

Perlu Anda ingat untuk tidak mengkonsumsi buah kurma dalam jumlah yang terlalu banyak. Jika terlalu banyak mengkonsumsi kurma maka Anda akan menghadapi penyakit hiperglikemia dan diabetes, karena kandungan gula di dalam kurma cukup tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *