Peranan Sel Endotel Terhadap Penyakit Jantung Koroner

jantung koroner
Kurangnya aktivitas fisik dapat menimbulkan penyakit jantung koroner. Berkembangnya teknologi informasi dan transportasi sangat membantu aktivitas manusia yang menyebabkan minimnya aktivitas fisik manusia karena berbagai aktivitas dapat dilakukan di satu tempat sehingga aktivitas fisik semakin berkurang. Berbagai penelitian selanjutnya semakin mengukuhkan keterkaitan antara penyakit jantung dengan kebiasaan beraktivitas fisik.

Aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur akan memiliki efek yang menguntungkan terhadap kesehatan secara umum, yaitu terhindar dari penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, kencing manis, osteoporosis dan lain sebagainya. Selain itu dapat menjaga berat badan ideal, otot dan tulang lebih kuat, bentuk tubuh proporsional, percaya diri, bertenaga dan bugar.

Aktivitas fisik atau olahraga yang teratur juga akan berdampak pada perbaikan fungsi dari sel sel endotel, yaitu sel sel yang berada di pembuluh darah (pembuluh darah sistemik dan koroner) yang sangat vital fungsinya dan berkaitan dengan penyakit jantung. Fungsi dari sel endotel antara lain :

  1. Mempertahankan tonus (kelenturan) dan struktur vaskular (pembuluh darah).
  2. Regulasi permeabilitas vaskular.
  3. Regulasi pertumbuhan sel vaskular.
  4. Regulasi trombosit dan fungsi fibrinolisis.
  5. Regulasi leukosit dan adhesi platelet pada permukaan.
  6. Mediator mekanisme inflamasi dan imun.
  7. Modulasi oksidasi lipid.

Bila fungsi dari endotel ini tidak baik atau bahkan terganggu oleh karena berbagai pengaruh, misalnya kurangnya aktivitas fisik, kadar lipid dalam darah yang tinggi, gangguan metabolisme dan hormonal, penyakit kencing manis, adanya gangguan aliran darah (hemodinamik), serta adanya proses inflamasi, dll.

Tidak menutup kemungkinan akan menimbulkan berbagai permasalahan yang berujung pada penyakit jantung dan pembuluh darah, terutama penyakit jantung koroner. Jaga kesehatan jantung anda agar terhindar dari jantung koroner dengan obat jantung koroner herbal.

Setelah mengetahui pembahasan mengenai sel endotel yang merupakan sel yang harus dijaga kesehatannya agar pembuluh darah terutama pembuluh darah jantung koroner tidak mengalami peradangan sehingga tidak terjadi penyumbatan yang dapat menyebabkan serangan jantung koroner. Jika sel endotel mengalami masalah dan tidak mampu melakukan regenerasi tentu akan berdampak langsung kepada kesehatan jantung kita. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita seputar pengetahuan tentang penyakit jantung koroner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *